Home

Thank you

Terima Kasih telah mengunjungi Blog sederhana ini, Semoga bisa memberi manfaat.

Senin, 24 Oktober 2011

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

A. Pengertian Komunikasi

LASWELL mendefinisikan Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakn apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.
Secara umum komunikasi didefinisikan sebagai penyampaian informasi dari satu sumber ke penerima informasi yang bisa dilakukan dua orang atau lebih.

Berikut ini ada beberapa pendapat mengenai Komunikasi lainnya secara terpisah, diantaranya:

a. Chester I Barnard
Mendefinisikan Komunikasi adalah suatu alat dimana orang-orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum.

b. Keith Davis
Menjelaskan bahwa komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan pengertian dari satu orang ke orang lain

c. Koontz O’Donell
Menjelaskan komunikasi sebagai suatu pemindahan informasi dari satu orang ke orang lain.

Dari Ketiga pendapat diatas bisa dikonsepkan bahwa di dalam komunikasi harus mencakup tiga komponen penting agar komunikasi memberikan hasil baik, yaitu:
1. Harus ada Komunikator (Sender).
2. Harus ada Komunikan (Receiver).
3. Harus ada berita atau informasi yang akan disampaikan.

Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik.

Menurut Laswell komponen-komponen dari komunikasi adalah:

- Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
- Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
- Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
- Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
- Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
- Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol")

B. Pengertian Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi dalam organisasi adalah suatu hal yang sangat penting, karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran untuk menambah wawasan seseorang dalam bekerja.
Dalam suatu organisasi, komunikasi dilakukan untuk menyampaikan berita, perintah dari atasan, pemberitahuan kebijaksanaan perusahaan, atau untuk menanggapi keluhan dan masalah yang berada pada bawahan. Dengan demikian masalah atau keluhan para karyawan maupun atasan dapat diselesaikan dengan jalan baik.

Berikut ini adalah syarat-syarat agar komunikasi berjalan baik:
1. Jelas
> Yaitu pernyataan yang dinyatakan dalam bahasa yang dimengerti si Komunikan (Penerima informasi)
2. Tepat
> Dalam hal orang yang dituju (objek) harus tepat.
3. Sasaran
> Tujuan pemberian informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si Komunikator (Pengirim pesan)

Dalam pemberian informasi kepada orang ke dua (Komunikan), diperlukan juga cara-cara komunikasi yang dilakukan seperti:

1. Komunikasi langsung
Yaitu komunikasi yang dilakukan dalam menyampaikan berita, laporan maupun peintah antara si pengirim berita kepada si penerima berita dilakukan secara langsung.

2. Komunikasi Tidak langsung
Yaitu komunikasi yang terjadi jika dalam menyampaikan berita tidak dilakukan secara langsung, hanya melalui orang lain atau tertulis.

3. Komunikasi Horizontal
Adalah komunikasi yang terjadi apabila pesan, berita laporan, atau informasi yang disampaikan komunikator kepada si komunikan bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan sesama karyawan dalam bekerja sama.

4. Komunikasi Formal
Yaitu komunikasi yang dilakukan antara sesama anggota organisasi disesuaikan dengan urutan / tingkatan dalam struktur organisasi. Seperti komunikasi antara atasan kepada bawahan berupa perintah, atau sebaliknya yang berupa penyampaikan laporan.

5. Komunikasi Informal
Adalah komunikasi informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.

Berikut adalah bagan komunikasi dalam organisasi atau koordinasi kerja sama:




Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa, komunikasi dalam organisasi sangat diperlukan untuk memberikan saling pengertian dalam hal informasi antara semua anggota organisasi dari atasan hingga bawahan atau sebaliknya.
Maka dengan hal tersebut, komunikasi pun memiliki 3 hal penting yaitu adanya Komunikator, Komunikan, dan Berita/ informasi, yang sebaiknya memenuhi syarat-syarat berkomunikasi (Jelas, Tepat, Sasaran), maupun tata cara berkomunikasi yang baik.


Sumber Terkait:
- Buku Pengantar Organisasi & Metode (Seri Diktat) Edisi pertama, Penulis: Widyatmini dan Izzati Amperaningrum, Penerbit: Gunadarma, Jakarta,1996.
- http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
- http://carapedia.com/pengertian_definisi_komunikasi_menurut_para_ahli_info487.html

0 komentar:

Posting Komentar

Attention!!!

Terima kasih untuk tidak melakukan cofy/paste pada semua tulisan yang berada di blog ini tanpa seijin author, kecuali memasukan alamat sumber dari blog ini...