Home

Thank you

Terima Kasih telah mengunjungi Blog sederhana ini, Semoga bisa memberi manfaat.

Rabu, 02 Mei 2012

Membuat Urutan Angka dengan menggunakan Array pada C/C++



1.      Menggunakan statement Array pada Bahasa C didalam Linux (While)

Array atau Larik adalah suatu urutan data yang bertipe dan bernama variabel yang sama, dan biasanya berbentuk tabel, matriks.

Bentuk umum array pada C hampir sama dengan bentuk umum perulangan pada bahasa pemrograman lain, hanya yang membedakan sedikit adalah sintaxnya.
Berikut ini adalah contoh program dengan menggunakan Array. Dibawah ini adalah salah satu program untuk Menampilkan Angka Terbesar dari suatu uturan data angka (Array Dinamis), dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama buka dahulu distro Kuliax 6.0 pada Vmware Player, kemudian tampilkan Terminal pada menu aplikasi, setelah muncul tampilan terminal, ketik vi tugas7.c, kemudian enter akan muncul tampilan kosong terminal, setelah itu tekan insert dan ketikan kodingan seperti tampak pada tampilan dibawah ini:


Scriptnya dasarnya:

#include<iostream>

#include<stdio.h>

#include<conio.h>

int main()

{

system("cls");

int a[1000];

int i,save;

int j;

printf("Masukan Jumlah Data diinput :=> ");

scanf("%d",&i);

for (j=0;j<i;j++)

{

printf("Input Angka Ke %d:",j+1);

scanf("%d",&a[j]);

}

save=a[0];

printf("\n Hasil Terbesarnya adalah :=> ");

for(j=1;j<i;j++)

{

if (save<a[j])

save=a[j];

}

printf("%d", save);

getch();

return 0;

}

Setelah selesai mengetikan source nya pada terminal, kemudian tekan tombol ESC, tekan [Shift] + [:], dan ketikan wq, maka akan muncul tampilan awal terminal. 
Pada saat tampilan sedang diproses, lakukan compile untuk mengecek hasil penulisan source yang telah ditulis sebelumnya dengan mengetik  sesuai format compile :
gcc (nama-file-pertama.c) –o (nama-file-baru)

kemudian tekan enter, jika tidak ada komentar yang berlebih maka bisa diartikan bahwa program sudah dianggap benar/fix. Setelah mengkompile, lakukan pemrosesan data (eksekusi) dengan mengetikan :
./(nama-file-baru pada saat mengkompile)

Misalkan pada awal pertanyaan yaitu Jumlah data yang ingin diinput akan diisi dengan angka 10, dan menginput data sebanyak 10 angka yaitu 2, 3, 6, 5, 4, 8, 9, 7, 8 dan 21.
                Agar lebih jelasnya, bisa langsung dilakukan praktiknya dengan petunjuk seperti pada tampilan dibawah ini:

TAMPILAN Outputnya:

 

Jika sudah muncul dengan apa yang kita inginkan pada source kode yang dibuat sebelumnya, maka program telah sukses dieksekusi.

Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Attention!!!

Terima kasih untuk tidak melakukan cofy/paste pada semua tulisan yang berada di blog ini tanpa seijin author, kecuali memasukan alamat sumber dari blog ini...