Home

Thank you

Terima Kasih telah mengunjungi Blog sederhana ini, Semoga bisa memberi manfaat.

Kamis, 04 Oktober 2012

Penerapan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dalam Aktivitas Kehidupan Sehari – hari.

Definisi.

A.Grafik Komputer
 
Merupakan proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar, sesuai dengan obyek di alam nyata. Dimana grafik munculnya dari sebuah computer graphic yang dapat meningkatkan komunikasi antara computer dan manusia.
Ada fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh beberapa aplikasi yang mungkin sudah kita dengar seperti Borland C++ Builder yang dikenal memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik.

Ada beberapa bidang pemanfaatan lain dari Pengolahan Grafik dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

         a. Perancangan Design
         b. Bidang Pendidikan
         c. Hiburan
         d. Aplikasi Permainan
         e. dll.

Berikut beberapa paparan detail mengenai bidang pemanfaatan dari pengolahan grafik dikehidupan sehari-hari, yaitu:

1.      Bidang Perancangan Design
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

2.      Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. Tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

3.      Bidang Hiburan
Pada sekarang ini semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan di TV hingga acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

4.      Aplikasi Permainan
Untuk grafik komputer pada games ini memang sangat dibutuhkan mulai dari pembuatan awal sampai proses manipulasi dimana pada prosesnya dapat diterapkan juga dengan teknik pengolahan citra, seperti dalam pemberian warna pada gambar-gambarnya,agar game tersebut terlihat lebih menarik. Hampir semua aplikasi permainan itu memanfatkan modus grafik. Aplikasi permainan itu sendiri terdiri dari, aplikasi strategi aplikasi tembak dan lari dan masih banyak lagi yang lainnya.

B. Pengolahan Citra  

adalah salah satu cabang dari ilmu informatika, dengan implementasi gambar yang dibuat dan memiliki data.
Pengolahan citra bertanggung jawab untuk :
               1.     Memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik (peningkatan kontras, 
                transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, 
                transformasi geometrik).
  1. Melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis.
  2. Melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra.
  3. Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.
 Beberapa Elemen Fungsi Dasar Sistem Pengolahan Citra :

Pembentukan Citra
              a.       Sensor yang sensitif terhadap gelombang EM menghasilkan sinyal listrik sesuai dengan energi yang diterima. Analog-to-Digital Converter / Digitizer akan mengubah sinyal listrik tersebut menjadi bentuk digital.
  1. Scanner yang menerima masukan dalam bentuk analog (dokumen, peta, foto) akan mengubah menjadi data dalam bentuk digital.
Pemrosesan Citra  dan Komunikasi
              a.       Data citra berukuran besar (perlu tempat simpan yang besar serta waktu proses yang 
                 lama).
  1. Issue penting pada komunikasi: kompresi citra.
  2. Issue penting pada pemrosesan citra: proses paralel.
Peragaan Citra
              a.       Dalam bentuk softcopy (layar peraga / monitor).
  1. Dalam bentuk hardcopy (printer, film writer, plotter).
Penyimpanan Citra
              a.       Penyimpanan jangka pendek (sedang diproses): memory
  1. Penyimpana non-line (siap dipakai): disk magnetik
  2. Penyimpanan arsip: pita ataudisk magnetik, CD
Berikut ini beberapa contoh aplikasi Pengolahan Citra, antara lain :

Aplikasi Kedokteran Gigi (Orthodonti)
-          Pada citra cephalometri, dapat dideteksi kurva bentuk dahi manusia dari landmark Nasion (lekuk dahi ke hidung) sampai ke Bergman (titik ubun-ubun).
-          Dari lengkung bentuk dahi dapat dihitung koefisien transformasi Fourier dan transformasi Wavelet.
-          Dari sampel laki-laki dan perempuan dapat ditentukan aturan keputusan berdasarkan analisis diskriminan, sehingga jenis kelamin dapat ditentukan berdasarkan bentuk dahi tengkorak manusia.

Aplikasi Kedokteran
Penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit.

Pengenalan Karakter
Penggunaan huruf hasil scan dengan huruf hasil skeletonizing.

Bidang Pertanian
Teknik pengolahan citra telah banyak dipergunakan dalam bidang pertanian antara lain untuk penentuan jenis cacat biji kopi, pemutuan edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga, identifikasi tingkat ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.

Bidang Marketing
Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang (umum digunakan di pasar swalayan / supermarket).

Bidang Militer
Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
Demikianlah sedikit pemaparan mengenai penerapan grafik komputer dan pengolahan citra dalam aktivitas kehidupan sehari – hari, yang intinya adalah bagaimana manusia dapat menciptakan atau mendapatkan hasil nyata yang dapat dilihat, atau didengarkan dan memiliki data, sekian semoga bermanfaat.

Reference:

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai grafik komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
    semoga bermanfaat

    BalasHapus

Attention!!!

Terima kasih untuk tidak melakukan cofy/paste pada semua tulisan yang berada di blog ini tanpa seijin author, kecuali memasukan alamat sumber dari blog ini...