Definisi.
A.Grafik Komputer
Merupakan proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan
deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar, sesuai
dengan obyek di alam nyata.
Dimana grafik munculnya dari sebuah computer graphic yang dapat meningkatkan
komunikasi antara computer dan manusia.
Ada fasilitas-fasilitas GDI
(Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh beberapa aplikasi yang mungkin
sudah kita dengar seperti Borland C++ Builder yang dikenal memudahkan
penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik.
Ada beberapa bidang pemanfaatan lain
dari Pengolahan Grafik dalam kehidupan sehari-hari, seperti:
a. Perancangan Design
b. Bidang Pendidikan
c. Hiburan
d. Aplikasi Permainan
e. dll.
a. Perancangan Design
b. Bidang Pendidikan
c. Hiburan
d. Aplikasi Permainan
e. dll.
Berikut beberapa paparan detail mengenai bidang pemanfaatan
dari pengolahan grafik dikehidupan sehari-hari, yaitu:
1.
Bidang
Perancangan Design
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat
berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk
mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan
software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung
secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil
tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti
aslinya.
2.
Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point
ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. Tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
3.
Bidang
Hiburan
Pada sekarang ini semua acara hiburan di TV banyak
menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan di TV hingga acara
sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini
berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
4.
Aplikasi
Permainan
Untuk grafik komputer pada games ini memang sangat
dibutuhkan mulai dari pembuatan awal sampai proses manipulasi dimana pada
prosesnya dapat diterapkan juga dengan teknik pengolahan citra, seperti dalam
pemberian warna pada gambar-gambarnya,agar game tersebut terlihat lebih
menarik. Hampir semua aplikasi permainan itu memanfatkan modus grafik. Aplikasi
permainan itu sendiri terdiri dari, aplikasi strategi aplikasi tembak dan lari
dan masih banyak lagi yang lainnya.
B. Pengolahan Citra
adalah salah satu cabang dari ilmu informatika, dengan
implementasi gambar yang dibuat dan memiliki data.
Pengolahan citra bertanggung jawab untuk :
1. Memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik (peningkatan
kontras,
transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala,
transformasi geometrik).
transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala,
transformasi geometrik).
- Melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis.
- Melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra.
- Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.
Beberapa Elemen Fungsi Dasar Sistem Pengolahan Citra :
Pembentukan Citra
a. Sensor yang sensitif terhadap gelombang EM menghasilkan
sinyal listrik sesuai dengan energi yang diterima. Analog-to-Digital Converter
/ Digitizer akan mengubah sinyal listrik tersebut menjadi bentuk digital.
- Scanner yang menerima masukan dalam bentuk analog (dokumen, peta, foto) akan mengubah menjadi data dalam bentuk digital.
Pemrosesan Citra dan Komunikasi
a. Data citra berukuran besar (perlu tempat simpan yang besar
serta waktu proses yang
lama).
lama).
- Issue penting pada komunikasi: kompresi citra.
- Issue penting pada pemrosesan citra: proses paralel.
Peragaan Citra
a. Dalam bentuk softcopy (layar peraga / monitor).
- Dalam bentuk hardcopy (printer, film writer, plotter).
Penyimpanan Citra
a. Penyimpanan jangka pendek (sedang diproses): memory
- Penyimpana non-line (siap dipakai): disk magnetik
- Penyimpanan arsip: pita ataudisk magnetik, CD
Berikut ini beberapa contoh aplikasi Pengolahan Citra,
antara lain :
Aplikasi Kedokteran Gigi (Orthodonti)
-
Pada citra cephalometri, dapat
dideteksi kurva bentuk dahi manusia dari landmark Nasion (lekuk dahi ke hidung)
sampai ke Bergman (titik ubun-ubun).
-
Dari lengkung bentuk dahi dapat
dihitung koefisien transformasi Fourier dan transformasi Wavelet.
-
Dari sampel laki-laki dan perempuan
dapat ditentukan aturan keputusan berdasarkan analisis diskriminan, sehingga
jenis kelamin dapat ditentukan berdasarkan bentuk dahi tengkorak manusia.
Aplikasi Kedokteran
Penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari
pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah
membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit.
Pengenalan Karakter
Penggunaan
huruf hasil scan dengan huruf hasil skeletonizing.
Bidang Pertanian
Teknik pengolahan citra telah banyak dipergunakan dalam
bidang pertanian antara lain untuk penentuan jenis cacat biji kopi, pemutuan
edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga, identifikasi tingkat
ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.
Bidang Marketing
Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang
(umum digunakan di pasar swalayan / supermarket).
Bidang Militer
Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
Demikianlah sedikit pemaparan mengenai penerapan grafik
komputer dan pengolahan citra dalam aktivitas kehidupan sehari – hari,
yang intinya adalah bagaimana manusia dapat menciptakan atau mendapatkan hasil
nyata yang dapat dilihat, atau didengarkan dan memiliki data, sekian semoga
bermanfaat.
Reference:
kita juga punya nih artikel mengenai grafik komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
semoga bermanfaat