Home

Thank you

Terima Kasih telah mengunjungi Blog sederhana ini, Semoga bisa memberi manfaat.

Selasa, 29 September 2015

Marketing MIX / Bauran Pemasaran


Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market.
(Bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.)

Menurut Ad. Payne, 1995:31
Bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran.

Untuk bauran pemasaran sendiri terdapat 4 unsur utama yang biasa dikenal sebagai 4P (product, price, promotion, dan place). Namun dengan berkembangnya waktu, bauran pemasaran berkembang menjadi memiliki tambahan 3 unsur lainnya yaitu people, Process, dan Physical Evidence atau dikenal dengan istilah 7P. Berikut ini akan dibahas mengenai bauran pemasaran pada sebuah webstore Bhineka.com:

1.   Produk
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide. Pada kasus ini, bhineka.com menjual beberapa kategori produknya seperti elektornik, alat olahraga, otomotif dan lainnya, dimana produknya tidaklah diproduksi sendiri, melainkan menjual produk yang sudah jadi dari berbagai merk atau dengan kata lain bhineka.com menyediakan jasa penjualan produk yang berada langsung dihalaman utama.




2.   Price

Untuk strategi penetapan harga yang digunakan oleh Bhineka.com adalah menggunakan strategi Skimming (peluncuran) yaitu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menetapkan harga tinggi untuk menutupi biaya pengembangan produk selanjutnya.


3.    Promotion
Ada beberapa alat bantu promosi dalam marketing mix, seperti periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relations), penjualan personal (personal selling), dan lainnya.
Untuk masalah promotion, bhinneka menekankan promotion lebih ke periklanan (advertising) dan promosi penjualan (sales promotion).

Periklanan (advertising)
Untuk periklanan, bhinneka terbilang cukup sukses dari website. Pengunjung website bhinneka sudah sangat banyak. Selain itu terkadang bhinneka menaruh sebuah iklan di majalah majalah computer seperti majalah chip.

Promosi penjualan (sales promotion)
Untuk promo penjualan, bhinneka mempersilahkan para konsumennya untuk mensubscribe bhinneka, konsumen tinggal memasukkan email dan nanti apabila ada promo di bhinneka, maka bhinneka akan melakukan pemberitahuan melalui email tersebut, sehingga konsumen yang ingin mencari product-product yang sedang ada diskon dapat langsung melihat dari email kiriman bhinneka.



4.    Place
Untuk place, bhinneka melakukan 2 jenis pola. Yang pertama konsumen dipersilahkan langsung datang ke toko toko bhinneka, dan kedua adalah pembelian secara online. Mekanisme pembelian langsung di toko tidak berbeda dengan pola penjualan pada umumnya. Konsumen di persilahkan dating langsung ke toko bhinneka, kemudian konsumen dapat meliha-lihat, memilih , dan bahkan mencoba barang yang hendak di beli nya, jika sudah deal maka tinggal dilakukan pembayaran. 




5.    People
Bhineka.com juga memilki beberapa karyawan yang melayani konsumennya baik back office maupun front office seperti customer service dan layanan garansi.




6.    Process
Tata cara atau proses penjualan dan pembelian Bhineka.com sendiri sudah memberikan akses yang mudah bagi konsumennya baik secara online maupun offline.





7.    Physical Environment
Dengan kekuatan utama dari bhineka.com adalah pada webstore atau basis internet dengan tampilan website yang menarik dan elegant dapat memberikan kesan friendly dengan konsumennya, kemudian bhineka.com juga memberikan kemudahan mengakses produknya melalui aplikasi mobile yang dapat diakses dengan mudah.


Sekian pembahasan marketing mix pada webstore bhineka.com.

Referensi:


1 komentar:

  1. bauran pemasaran seperti saat kualih di marketing itu diajari namanya mix marketing dari berbagai referensi menurut ahli. ada juga membuat canvas mengetahui kelebihan kekurangan dari suatu produk misal konveksi gtjseragam.com

    BalasHapus

Attention!!!

Terima kasih untuk tidak melakukan cofy/paste pada semua tulisan yang berada di blog ini tanpa seijin author, kecuali memasukan alamat sumber dari blog ini...